Selasa, 24 Januari 2023

Anto

10 Tanda-tanda Rayap yang Mudah Dikenali yang Mungkin Perlu Anda Perhatikan


Kerusakan properti dan tanaman di Australia setiap tahunnya senilai $30 miliar diakibatkan oleh serangan rayap. Jumlah ini lebih besar daripada kerusakan akibat badai dan tornado jika digabungkan. Itulah mengapa Anda harus bertindak cepat saat melihat tanda-tanda awal rayap.


Rata-rata orang Australia menghabiskan sekitar $3000 untuk menyembuhkan serangan rayap. $3000 adalah jumlah yang sangat besar, jadi saya menyarankan agar Anda memeriksa rumah Anda sekarang untuk mengetahui tanda-tanda ini sebelum terlambat.



KERUSAKAN KAYU

Anda dapat menggunakan obeng atau tongkat panjang untuk menusuk bagian dalam kayu. Jika tidak memungkinkan untuk dilakukan, Anda dapat memotong sebagian kecil kayu dan mencari pola tertentu.


Jika Anda melihat pola seperti sarang lebah pada kayu, kemungkinan besar bangunan Anda dihinggapi rayap bawah tanah. Namun, jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan pada serat kayu, itu adalah tanda rayap kayu kering.


Jika Anda tidak ingin mengiris pondasi kayu, Anda dapat mengetuknya dan mendengarkan apakah pondasi kayu tersebut menghasilkan suara berongga. Jika ya, Anda harus mencari jasa pembasmi hama profesional.


SAYAP YANG DIBUANG

Rayap penggerombolan yang disebut Alates adalah rayap yang memiliki sayap. Setelah mereka menyelesaikan tahap reproduksi, mereka akan melepaskan sayapnya untuk bergabung dengan koloni di celah-celah rumah Anda. Di sinilah Anda harus tetap waspada.


Saya sarankan agar Anda memperhatikan lantai Anda dengan seksama sebelum menyedot debu untuk memeriksa apakah ada sayapnya. Jangan langsung menyikat ambang jendela Anda; ini juga bisa menjadi tempat yang sempurna bagi alate untuk melepaskan sayapnya.


Namun, jangan salah mengira sayap semut terbang sebagai sayap rayap. Sayap rayap lebih memanjang daripada sayap semut dan memiliki ukuran yang proporsional.


KOTORAN RAYAP BERWARNA COKLAT SEPERTI TEPUNG

Rayap memakan kayu sehingga mereka mengeluarkan kotoran berupa bubuk. Suatu ketika saya masuk ke dapur tanpa alas kaki dan merasakan tekstur berpasir di lantai. Tidak ada yang membawa pasir ke dalam, jadi saya sangat yakin bahwa itu adalah rayap yang memakan lemari. Saya tidak salah.


Kotoran rayap juga disebut frass. Periksa fondasi rumah Anda dan bagian dalam lemari Anda. Jika Anda menemukan jejak atau gundukan kecil frass di atasnya, saya yakin rumah Anda dipenuhi rayap.


Namun, beberapa pemilik rumah salah mengira bahwa frass kayu dari pertukangan sebagai salah satu tanda rayap. Jika Anda sedang melakukan perbaikan kayu di rumah, hal ini mungkin tidak dapat dilakukan. Namun, melakukan pengawasan Jasa Anti Rayap yang ketat tidak akan merugikan Anda.


TABUNG LUMPUR

Untuk masuk ke dalam kayu Anda, rayap harus memakan makanannya sendiri. Hal ini menghasilkan tabung-tabung seukuran pensil yang saling berhubungan dengan sumber kelembaban hingga sumber makanan. Dengan cara ini, rayap dapat mencapai bagian lain dari rumah Anda dengan kerusakan permukaan yang lebih sedikit.


Tabung lumpur adalah pola cokelat bercabang di kayu dan merupakan tanda yang paling mudah dikenali.


Jika Anda menemukannya di rumah Anda, cobalah untuk melepaskannya dari kayu. Jika mudah lepas, itu berarti kutu tersebut sudah berlangsung lama. Anda dapat merusak tabung lumpur tetapi rayap dapat membangunnya kembali, jadi lebih baik cari bantuan dari Perusahaan Anti Rayap Melbourne.


LANTAI MELEPUH

Rayap dapat merusak lantai yang dilaminasi sekalipun. Begitu mereka mengunyah bagian belakang laminasi, permukaan lantai akan mudah melepuh dan menunjukkan tanda-tanda kendur. Anda dapat menguji lantai Anda dengan berjalan di atasnya dan mendengarkan apakah lantai tersebut sudah berdecit.


Untuk lantai keramik, hal yang sama juga bisa terjadi. Rayap dapat memakan bagian dalam dan ubin Anda akan menjadi longgar. Untuk memeriksanya, Anda dapat melakukan tes suara berongga atau Anda harus melepas ubin untuk mencari kerusakan seperti terowongan pada kayu.


Tanda ini adalah tanda yang harus Anda diagnosis lebih awal agar lantai Anda tidak mengeluarkan suara ketika sebagian besar kayunya telah dimakan.


JENDELA DAN PINTU SULIT DIBUKA

Rayap dapat memakan kayu yang menjadi tempat pintu dan jendela Anda. Hal ini akan menyebabkan pintu dan jendela menjadi lengket dan sulit dibuka. Kusen jendela juga dapat rusak dan kayu akan mulai menggembung. Kasus terburuk dapat membuat jendela dan pintu terlepas dari engselnya.


Jika engsel Anda sudah diberi minyak tapi masih tetap lengket, Anda perlu memeriksakan rumah Anda untuk mengetahui apakah ada rayap atau tidak.


KERUSAKAN DI KEBUN

Kebun Anda memiliki rayap yang lembab dan cukup banyak kayu untuk dimakan. Periksa terowongan lumpur di dalam tanah dan balik tumpukan kayu Anda untuk mencari kemungkinan tempat persembunyian rayap. Hal lain yang harus Anda waspadai adalah sarang arboreal berwarna abu-abu di pohon yang nantinya dapat merusak kayu yang masih hidup.


Mulailah memeriksa dari pagar Anda untuk mencari tanda-tanda rayap. Jika Anda melihat adanya kerusakan akibat rayap, segera ganti dengan kayu yang sudah diberi anti rayap. Ketuklah pohon-pohon tersebut dan dengarkan apakah ada suara berongga.


Di sisi lain, jangan lewatkan untuk memeriksa kotak-kotak sekring dan tempat-tempat kering lainnya. Beberapa rayap dapat bersembunyi di sini dan membangun gundukan kecil tempat mereka terus berkembang biak.

SUARA KLIK DI DINDING
Rayap juga melakukan beberapa gerakan membenturkan kepala. Bukan karena rayap ini ingin memakan rumah Anda, tetapi karena mereka merasakan adanya bahaya. Rayap prajurit membenturkan kepala atau seluruh tubuhnya ke kayu untuk memperingatkan koloni akan adanya ancaman, sementara rayap pekerja biasanya menghasilkan suara dari penggilingan mereka.

Anda bisa memasang telinga di kayu dan mendengarkan dengan seksama setiap suara. Pastikan saja bahwa kayu Anda tidak menerima getaran dari unit pendingin ruangan atau peralatan lainnya.

CAT MENGGELEMBUNG
Rayap bawah tanah biasanya tidak muncul secara kasat mata karena mereka tidak menyukai udara kering. Karena kayu yang dicat mungkin memiliki kelembapan di dalamnya, mereka akan tetap berada di dalamnya sampai mereka menggerogoti permukaannya. Ketika hal itu terjadi, cat akan terkelupas atau menggelembung.

Rayap menyimpan kelembapan dari kayu ke dalam tubuh mereka. Ketika mereka mencapai tingkat permukaan, lapisan tipis kayu dan cat akan menggembung.

Dalam kasus terburuk, tidak ada yang dapat menahan cat dan cat akan mulai melorot. Sebelum menyimpulkan adanya serangan rayap, carilah kebocoran air terlebih dahulu. Air yang berlebihan dapat membuat kayu menjadi lunak dan cat menjadi luntur.panggil

SEMUT PUTIH
Rayap dapat memiliki warna krem dan terkadang hampir transparan. Beberapa pemilik rumah membuat kesalahan dengan menganggapnya seperti semut. Saat hujan, semut biasanya memanjat ke atas untuk mencegah koloninya tersapu air. Rayap juga dapat menyamar seperti itu karena mereka berkembang biak ketika ada cukup kelembaban.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua rayap bisa terbang. Sebagian besar rayap berpindah seperti semut di dalam rumah sehingga Anda tidak akan menyadarinya. Rayap juga disebut "semut putih" jadi jangan salah mengira mereka sebagai dua serangga yang berbeda.

Rayap sangat mudah dikenali jika Anda cukup jeli. Tanda-tanda rayap ini akan memandu Anda dalam mendiagnosis rumah Anda sendiri untuk melakukan pengendalian hama dengan cepat. Serangga ini merugikan Australia miliaran dolar setiap tahunnya dan menempatkan diri Anda dalam daftar korban adalah hal terakhir yang Anda inginkan.

About Author

Naveed Iqbal

Naveed is freelance web designer. He loves to play with javaScript and other programming codes.